News Update :
Home » , » Manfaat Pohon Bagi Makhluk Hidup

Manfaat Pohon Bagi Makhluk Hidup

Published by : Unknown on Saturday, December 21, 2013 | 10:54 PM

Oleh Egyfaldi Biamenta

Pohon adalah makhluk hidup yang tidak dapat berjalan tetapi memberikan peran yang sangat penting bagi makhluk hidup yang berjalan. Manfaat pohon bagi kelangsungan hidup semua mahluk hidup di bumi ini sangatlah penting dan tidak bisa dikesampingkan. Tanpa pohon, tidak akan ada yang menghasilkan oksigen yang merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup. Semakin banyak pohon, maka semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan. 

Manfaat pohon bagi kehidupan (http://edukasi.kompasiana.com)

Beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang dan dikorbankan. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka rusak. Penebangan pohon menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Demikian pula jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih. 

Berbagai penelitian membuktikan, 1 hektar ruang terbuka hijau yang dipenuhi pohon besar menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk 1.500 penduduk/hari (penelitian lainnya mengatakan 1 pohon besar menghasilkan oksigen 1,2 kilogram/hari), menyerap 2,5 ton karbon dioksida/tahun, menyimpan 900 m3 air tanah/tahun, mentransfer air 4.000 liter/hari, menurunkan suhu 5°C-8°C, meredam kebisingan 25-80 persen, dan mengurangi kekuatan angin 75-80 persen. Berikut adalah beberapa manfaat pohon bagi kehidupan manusia :

Produsen makanan bagi manusia. Di alam, tanaman memiliki posisi strategis, yaitu sebagai penyedia makanan atau produsen di dalam piramida makanan. Jika tanaman yang bertindak sebagai produsen terganggu keberadaannya atau bahkan terancam kepunahan, dapat dipastikan semua makhluk hidup lain pun akan terancam kepunahan pula.

Penyumbang oksigen terbesar. Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Pada siang hari, pohon dapat menghasilkan oksigen dan dapat menyerap karbondioksida yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Mencegah erosi dan banjir. Pohon besar yang memiliki batang yang tinggi dan menjulang tentunya memiliki akar yang kuat dan panjang pula. Ketika hujan turun dengan lebatnya ke muka bumi ini, air yang jatuh tidak langsung mengalir begitu saja, tapi ikut terserap oleh akar pohon sehingga posisi tanah tetap kuat dan tidak mudah terkena erosi. Air hujan juga dapat tertahan di tanah di sekitar pohon sehingga mencegah terjadinya banjir.

Menjaga kesuburan tanah. Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menggerus lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir - butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

Membuat lingkungan menjadi lebih nyaman. Dengan banyaknya pohon, akan membuat udara disekitarnya sekitarnya menjadi sejuk dan nyaman. Pohon juga dapat memberikan perlindungan terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara.

Makna pohon, erat kaitannya dengan keberadaan hutan yang merupakan tempat hidup, tumbuh dan berkembang biaknya beberapa jenis pohon. Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan. 

Manfaat hutan bagi kehidupan (http://indonesiaindonesia.com)

Hutan memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan makhluk hidup di muka bumi, yaitu fungsi ekologis, fungsi hidrolis, fungsi klimatologis, dan fungsi ekonomi. Makhluk hidup sangat memerlukan hutan untuk kelangsungan hidupnya. Hutan merupakan paru-paru dunia sehingga perlu dijaga karena jika hutan rusak akan membawa dampak yang buruk bagi makhluk hidup. Gundulnya hutan dapat menyebabkan abrasi terhadap tanah, banjir bandang, dan tanah longsor.  


Share this article :

+ comments + 1 comments

April 24, 2015 at 2:53 PM

artikelnya bagus dan sangat bermanfaat bagikami saya dri kebun bibit mau menwarkan beberapa pohon yang unik dan indah, caranya kunjungi saja https://kebunbibit.id/

Post a Comment

 
Tentang Dunia Insan Kamil | Hubungi Kami | Disclaimer
| Copyright © 2013. Dunia Insan Kamil . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger