News Update :
Home » » Dasar Pemikiran Dunia Insan Kamil

Dasar Pemikiran Dunia Insan Kamil

Published by : Unknown on Saturday, November 30, 2013 | 6:25 PM

Latar Belakang

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan salah satu organisasi mahasiswa Islam di perguruan tinggi yang menjadikan proses pengembangan potensi keilmuan sebagai salah satu bentuk perjuangannya. Hal tersebut tercantum dalam Anggaran Dasar HMI pada pasal 4 mengenai  tujuan HMI yaitu “Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT”.

Mahasiswa sebagai agent of social changes dan agent of social control yang memiliki ide-ide kreatif yang dapat diterapkan di dalam masyarakat tetapi memiliki keterbatasan dalam menjalankan ide-ide tersebut secara langsung, mengakibatkan potensi mahasiswa tidak dapat dikembangkan dengan baik. Sehingga salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi tersebut adalah dengan menuangkan gagasan-gagasan konseptual ataupun ide-ide kreatif yang membangun kedalam suatu tulisan.

Senada dengan hal tersebut, budaya menulis sebagai salah satu sarana pengembangan potensi keilmuan kader-kader HMI perlu didukung dan ditingkatkan, sehingga nantinya kader-kader HMI mampu menghasilkan karya tulis yang baik untuk tujuan akademik maupun umum. Aktivitas menulis memberikan tindakan partisipatif dalam membangun dan mengisi kemerdekaan Indonesia terutama dalam bidang keilmuan, dimana ide-ide kreatif yang dihasilkan dapat dijadikan bank ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Atas dasar itulah perlu dibentuk sebuah komunitas dalam bentuk website atau blog yang bertujuan “terbentuknya tulisan-tulisan insan kamil yang berlandaskan tata nilai rabbaniyah dan kemanusiaan sehingga menjadi referensi masyarakat Indonesia”. Dengan nama komunitas berupa duniainsankamil. Manfaatnya berupa
  • Pengembangan bakat menulis kader-kader HMI Komisariat FMIPA USU
  • Peningkatan kemampuan kader-kader HMI Komisariat FMIPA USU dalam memberikan gagasan ataupun ide-ide kreatif dalam bentuk tulisan
  • Sebagai wahana bagi akademisi maupun non akademisi untuk mencari referensi
Tulisan-tulisan yang dapat dikembangkan berupa
  1. Islam dan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK)
  2. Pendidikan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama
  3. Semangat kemahasiswaan, kebangsaan dan kemerdekaan
  4. Penelitian dan ide-ide yang sifatnya murni
  5. Artikel Personal yang bersifat kreatif, inovatif serta ilmiah
Maka, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pada tanggal 30 November 2013, gagasan mengenai Dunia Insan Kamil dengan semangat Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi, Bernafaskan Islam dan Bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT, direalisasikan dengan membentuk sebuah blog. Semoga tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dapat bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa.
Share this article :

Post a Comment

 
Tentang Dunia Insan Kamil | Hubungi Kami | Disclaimer
| Copyright © 2013. Dunia Insan Kamil . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger