News Update :
Home » , » Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Published by : Unknown on Sunday, December 1, 2013 | 10:19 PM

Oleh Egyfaldi Biamenta

Kelangkaan bahan bakar minyak, yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak dunia yang signifikan, telah mendorong pemerintah untuk mengajak masyarakat mengatasi masalah energi bersama-sama. Penghematan dilakukan karena pasokan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi adalah sumber energi fosil yang tidak dapat diperbarui (unrenewable), sedangkan permintaan naik terus, demikian pula harganya sehingga tidak ada stabilitas keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Salah satu jalan untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) adalah mencari sumber energi alternatif yang dapat diperbarui (renewable).

Subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang tidak tepat dan salah sasaran, membuat tidak efektif kinerja negara. Selain itu, hal tersebut tidak memberikan keadilan bagi rakyat yang berhak. Hal ini juga dapat menyebabkan pembangunan ketahanan energi nasional menjadi terkendala. Untuk itu, lebih tepat bila subsidi ini untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya energi baru dan terbarukan yang dapat mendukung pengurangan ketergantungan terhadap BBM dan pengalihan beban subsidi BBM untuk pembangunan yang adil dan lebih memakmurkan rakyat dengan merekomendasikan pemakaian sumber energi alternatif.

 Firman Allah SWT dalam surat Al Jatsiyah ayat 13:

Artinya :
“Dan Allah telah menjadikan sumber daya alam dan lingkungan sebagai daya dukung lingkungan bagi kehidupan manusia. Yang demikian hanya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki daya nalar memadai.” (QS Al Jatsiyah:13).
Energi alternatif adalah istilah yang digunakan untuk semua energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Hal ini merujuk pada teknologi untuk menghasilkan bahan bakar selain fosil/ minyak bumi karena minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Adapun kriteria-kriteria energi alternatif adalah :

    Dapat digunakan berulang-ulang
    Jumlahnya berlimpah
    Pengolahannya tidak merusak alam
    Tidak berbahaya
    Ramah lingkungan

Beberapa contoh energi alternatif pengganti minyak bumi :

Tenaga Nuklir. Nuklir jika dimanfaatkan maka bisa menjadi sumber energi yang sangat besar, proses nuklir menjadi energi disebut reaksi fisi. Pada pembangkit listrik tenaga nuklir reaksi fusi akan menghasilkan panas dan uap panas inilah yang dimanfaatkan untuk menguapkan air yang berfungsi untuk membangkitkan generator listrik.

Energi Biomassa. Energi biomasa berasal dari tanaman yang telah diambil manfaatnya seperti , pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja, dan kotoran ternak. Sumber energi biomassa mempunyai beberapa kelebihan, antara lain merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkesinambungan (suistainable).

Tenaga Air.
Di bumi, air bisa ditemukan di mana-mana dan ternyata air juga bisa dijadikan sumber energi dalam bentuk air yang mengalir. Air mengalir ini biasa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, air mengalir tadi akan menggerakan generator listrik yang mampu menghasilkan daya listrik.

Tenaga Angin. Angin juga dapat diolah menjadi sumber energi alternatif dengan memanfaatkan tenaga kinetik angin untuk menggerakkan kincir angin atau turbin angin yang pada akhirnya energi tersebut dapat dikonversi menjadi listrik. Satu turbin angin dapat memenuhi kebutuhan listrik sampai dengan tiga puluh rumah, tapi karena angin tidak selalu bertiup, tenaga cadangan harus selalu tetap tersedia, misalnya dari PLN.

Tenaga Matahari. Matahari selalu memancarkan cahaya dan panasnya sepanjang hari ke bumi dan ini bisa dijadikan sumber energi. Tenaga matahari atau tenaga surya adalah energi yang didapat dengan mengubah panas matahari melalui peralatan tertentu menjadi sumber pembangkit daya.

Minyak bumi dan bahan bakar minyak telah sangat mendominasi perekonomian energi dunia karena barang-barang tersebut merupakan bahan-bahan bakar cair (mentah dan siap-pakai). Di antara semua bentuk energi final komersial, bahan bakar cair adalah yang paling berharga dan paling strategis karena dapat disimpan secara mudah dan aman untuk jangka waktu; mudah diangkut; memiliki kerapatan energi besar; relatif mudah dinyalakan tetapi tak mudah meledak; dapat dengan mudah dikonversi menjadi listrik dan amat sangat penting bagi sektor transportasi. Diantara sumber energi alternatif pengganti minyak bumi, biomassa adalah satu-satunya sumber energi terbarukan yang dapat dihasilkan dan menghasilkan, atau mudah dikonversi menjadi bahan bakar (cair) yang disebut dengan bahan bakar nabati (BBN, biofuels).
Share this article :

Post a Comment

 
Tentang Dunia Insan Kamil | Hubungi Kami | Disclaimer
| Copyright © 2013. Dunia Insan Kamil . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger